RSS

Monday, January 6, 2014

Kuliner Garut #2 Kupat Tahu Mang Obin, Awal Sejarah Kupat Tahu di Garut



Garut, tanah kelahiran orangtua memang cocok untuk mengeksplor aneka kulinernya. Kuliner Garut memang punya ke khasan sendiri. Dari judul postingan ini pasti banyak pembaca yang bertanya-tanya, kupat tahu kan ada dimana-mana? Apa istimewanya?

Kupat tahu Mang Obin adalah kupat tahu yang pertama kali berdiri di Garut, warung kupat tahu ini terletak di daerah pengkolan. Kiosnya memang kecil, tapi tiap hari pasti dipenuhi pengunjung. 


Menu disini tersedia kupat tahu dan gado-gado.  Yang membedakan kupat tahu disini dengan kupat tahu di daerah lain adalah rasa bumbu kacangnya yang halus dan agak manis, ditambah kecap yang digunakan adalah kecap buatan kota Garut asli yaitu kecap cap kunci tin tin. Setau saya, hampir semua pedagang di Garut menggunakan kecap ini. Rasanya memang khas dan manisnya berbeda dengan kecap merk terkenal. Semoga kecap lokal ini masih bisa terus bertahan dan terus dilestarikan :) 

Kupat Tahu Rp 12.000

Kecap, cabe bubuk, kerupu sebagai pelengkap
Oh iya, untuk bumbu pelengkapnya juga berbeda. Di kupat tahu Mang Obin ini untuk menambah rasa pedas, disediakan cabai bubuk. Jadi pedasnya bukan berasal dari modifikasi bumbu yang ditambah cabe rawit atau semacamnya. Hal ini juga yang membuat rasa kupat tahu disini sangat khas dan tak tergantikan. 

Lezzatnya kupat tahu Mang Obin ini membuat saya berani memberi nilai 8/10. Buat kalian yang sering melewati Kota Garut ketika mudik lewat jalur selatan, gak ada salahnya buat mampir ke tempat ini. Silahkan mencobaaaa, :9

0 comments: