RSS

Sunday, January 5, 2014

Kuliner Cirebon #1 Empal Gentong Mang Dharma, Sajian Kuliner Khas Cirebon



Alhamdulillah liburan kemarin dapet kesempatan untuk ngebolang di Cirebon, perjalanan Bogor-Cirebon yang kurang lebih 5jam terbayar karena banyaknya kuliner di Kota ini. Sebelum mencoba untuk berkuliner, ada baiknya mencari info dulu melalui internet dan jejaring sosial. Setelah dicari, ternyata ada banyak sekali kuliner disini diantaranya empal gentong, nasi jamblang, mie koclok, tahu gejrot, seafood. 

Sampainya di Cirebon kira kira jam1 siang sangat cocok untuk makan siang dengan empal gentong. Beberapa warung empal gentong yang sangat ramai ketika dilewati adalah empal gentong H. Apud, empal gentong amarta, dan empal gentong mang darma. Dan karena dekat dengan hotel tempat saya dan keluarga menginap, kami memilih Empal Gentong Mang Darma yang letaknya di sebelah Bank BTN Cirebon, di Jalan Cipto Mngunkusumo

Jangankan untuk masuk di warung ini, untuk mencari parkir aja lumayan susah. Pas masuk, lebih lebih lagi ramainya. Rata-rata yang makan disini adalah orang luar Cirebon terlihat dari plat mobil yang berjajar di depan warung makan ini. Tempatnya tidak mewah dan tidak terlalu besar, tapi sangat strategis karena ada di pinggir jalan raya.
Mau tau ramainya tempat ini? Ini diaa




Disini disajikan empal gentong daging dan empal gentong campur (jeroan) yang disajikan dengan kerupuk kulit. Perpaduan yang cocok dan nikmat. Apalagi ditambah dengan sambalnya berupa cabai bubuk. Dimakan siang hari ketika kelaparan melanda. Ummmm.... deliciousooo!!

EMPAL GENTONG DAGING

Kerupuk kulit menambah nikmat sajian empal gentong di warung ini

Cabai bubuk pelengkap bagi yang cinta pedas

Markitlas. Mari kita ulas..
Sebenarnya rasanya mirip soto kuning Bogor, namun yang berbeda adalah banyaknya bawang daun yang menutupi permukaan ditambah perpaduan dengan kerupuk kulit, membuat cita rasa yang baru. Dagingnyapun empuk dan tipis tipis karena sebelumnya di geprek.
Penilaian untuk kuliner pertama di Cirebon ini 8,5/10. Mantaaap enaaak, ayoo silahka dicoba. Biasanya ada juga yang menyediakan empal asem, empal dengan kuah bening dan asem  dari belimbing wuluh. Namun tidak semua warung empal gentong menjual ini..
Selamat berkuliner, food makes you healthy :)

1 comments:

Unknown said...

Sedikit info tambahan barangkali kapan-kapan ke cirebon lagi :D

Sebenernya ada empal gentong yang lebih enak lagi, yaitu empal gentong bu Darma, lokasinya deket2 situ juga yaitu di deket SPBU jalan diponegoro.

Asalnya empal gentong bu darma yang berdagang di tempat empal gentong samping BTN ini, hanya saja kurang jelas ada masalah apa sehingga jadinya empal gentong bu Darma pindah.