RSS

Sunday, November 10, 2013

Together we feel the air, This is Karimun Jawa !

Ha to the lo. HALO!!
 Ada istilah yang bilang, work hard play hard. Nah kebetulan nih abis UTS kan yaa abis menggila belajar, saatnya gue dan teman2 beberapa TL10 (14 orang) buat jalan-jalan!! Tujuan jalan2 kali ini adalah sebuah perwujudan mimpi dari semester 3, KARIMUN JAWA. Bayangin aja kita yang kuliah di semarang masa belum pernah ke karjaw sedangkan orang2 dari luar Jateng aja bela2in transit semarang lanjut jepara buat kesana. Alhamdulillahnya nih yaa, akhirnya kita jadi juga ke Karjaw...
Dengan persiapan matang, mulai dari cari2 travel sampe cari jalan buat sampe Jepara. Akhirnya kita membuat kesimpulan kita akan ke Karimun Jawa dengan travel @kompaktour lalu rute menuju jeparanya gini.

Carter angkot menuju Stasiun Terboyo Semarang – Naik bis jurusan Semarang Jepara- Sampai di Pelabuhan Kartini dan disambut @kompaktour
Berhubung kita kita ini adalah mahasiswa2 yang duitnya terbatas, maka kita pilih paket yang murmer dan efisien. Pas kita kesana itu lagi libur panjang jadi lg high season dengan harga Rp 625.000 4hari 3 malam menggunakan kapal muria.
Dan perjalananpun dimulai...

Sabtu, 2 November jam 3 pagi kita udah siap siap untuk naik angkot ke terminal Terboyo. Dengan mata yang masih sepet ditambah keadaan angkot yang sebenernya overload. 1 angkot dihuni 14 orang (ditambah tas masing2 yang gede2). Perjalanan melewati tol berasa jadi mobil yang paling sipuuut dan lambat. Mungkin pengaruh muatan juga kali yaaa...
Nyari bis jurusan Semarang-Jepara gak terlalu susah kok, masih kosong juga. Perjalanan Semarang-Pelabuhan Kartini Jepara ditempuh sekitar 2,5 jam. Sesampainya di pelabuhan kita disambut pihak travel yang ngasih tiket kapal.
Pas masuk kapal, shock! Ketidakteraturan dalam duduk, karena ini adalah kapal mungkin bisa dibilang kelas ekonominya, jadi gak ada nomer tempat duduk di tiketnya, orang bisa sembarangan duduk dimana aja bahkan banyak juga yang duduk di lantai, di bagian atas kapal yang kebuka, pokonya setiap ada kesempatan buat duduk, ya duduk aja deh. Bahkan di tempat dimana gue duduk, di bawahnya (di tempat kaki gue berpijak) ada orang tiduur, yampun kehidupan kapal gak kalah keras sama KRL.

Kondisi di Kapal Muria
Akhirnya kita berpencar duduknya, yg cewe2 dapet tempat duduk, yg cowo ngemper menyedihkan. Yang penting demi Karimun Jawa bro!

Dengan kapal muria ini, Jepara-Karimun Jawa ditempuh dengan 6 jam perjalanan. Beda banget yg pake kapal express bisa ditempuh hanya dengan 2 jam sajaa..... dari segi body kapal, muria emg lebih gede, tp dari kecepatan, muria jalannya ibarat kapal nelayan.. (tapi ini bikin perjalanan laut gak kerasa lohh, jadi yg mabok laut gausah takut wehehe)
Sampailah kita di Karimun Jawa, yuhhhhuuuuuuuuuwwwwww!!

Langsung menuju homestay untuk istirahat dan mandi2 sebentar lalu kita ke dermaga kecil buat liat sunset. Sunset pertama kita  di Karimun Jawa

Minggu, 3 November 2013 pagi2 kita udah sarapan dan siap buat aktivitas yang ditunggu2, Snorkling ! kita buktikan Indonesia punya terumbu karang terindah..
Perjalanan menuju tempat snorkling menggunakan kapal kecil sejenis kapal nelayan.. dan berhenti di tengah laut (gak tengah2 banget sih).. kayanya di antara beberapa pulau gittuu soalnya pas nanya ke mas2nya tentang nama pulaunya tiap orang ngejawabnya beda, ada yang bilang Pulau Gosong, Pulau Kecil, dan lain-lain saking banyaknya Pulau di Karimun Jawa.
 liat terumbu karang pertama, subhanaallah ............

"Maka nikmat Allah manakah yang engkau dustakan? Subhanallah"

Lanjut makan siang di sebuah pulau bernama Tanjung Gelam.. jadi selama kita di Karimun Jawa, seharian jadi anak laut (gak pulang-pulang) makan aja bakar ikan pinggir pantai..

Lanjut snorkling lagi (sehari snorkling bisa 2x atau lebih gak heran kenapa gosongnya kaya sekarang -.-) snorkling kedua udah lumayan lancar, gak kaku lagi haha jadi bisa foto2 asiik.

Jadi waktu liat di promo2 karjaw itu pasti ada tulisan “swimming with shark” di Pulau Menjangan Besar ngerii gak tuuhh, nah ternyata beneran loh ada penangkaran hiu gitu dan kita bisa renang sm hiu tp jangan kebayang hiu yg gede2 loh ini hiu2 kecil katanya sih kalo udah besar bukan di lepas di laut sekitar karjaw, tapi dibawa keSemarang.. Buat apanya sih gatau juga, semoga aja bukan buat diburu dan diambil bagian2 tubuhnyaa L
Swimming with shark..

Hari pertama usai, bahagiaaa banget puaaass, dan gak sabar buat snorkling hari kedua..
Senin, 4 November 2013
Tempat snorkling hari keduaa itu beda ini lebih banyak ikannya, bahagia deehhh.. Nama pulaunya Pulau Menjangan Kecil jadi kalo kita bawa roti, ikannya langsung nyamperin gituu.

Dan pantai tempat kita makan siang namanya pantai cemara besar, itu adalah seindah indahnya pantai deh menurut gue. Gradasi 4 warna, pasir putih, air jernih, terumbu karang, pokonyaa I Love INDONESIA!!!
gradasi 4 warna Pantai Cemara Besar Karimun Jawa

Bahagiaaa liat pantai seindah ini wuhuuwww
Bakar ikan untuk makan siang

Abis dari pantai itu snorkling lagi, kali ini snorkling terakhir di Karimun Jawa jadi kita harus puasin foto2 sampe rusuuuhh...

Ini adalah satu rombongan kompak tour di karimun jawa

Malam terakhir kita nyobaik cafe satu2nya di karjaw namanya amore cafe, dipinggir laut gitu, tp gara2 kita kesananya malem, jadi gak keliatan deh..

well, gak pernah nyesel kalo ngeluarin uang buat travelling, dapet banyak ilmu dan banyak pengalaman banget.

4 hari 3 malam di Karimun Jawa yang sangat berkesan, terima kasih teman-teman, terima kasih Karimun Jawa. Kalo lagi travelling alam begini jadi nyadar sesuatu, Indonesia punya banyak keindahan, gak perlu jauh2 ke benua2 sana, turis2 asing aja pada kesini. Dan Subhanallah banget keindahannya. Terima Kasih ya Allah aku dilahirkan di tanah air yang begitu indah, Tanah Air Indonesia..

Bagi yang mau liburan, karimun jawa bisa banget jadi alternatif loh!!