RSS

Tuesday, June 3, 2014

Kuliner Temanggung #1 Bakso Lombok Uleg Pak Di

Hai hai, selagi ada waktu dan niat yang kuat ayo kita berkeliling dan explore sebanyak-banyaknyaa..
terutama dalam hal kuliner hehe. Jadi akhir-akhir ini gue menyadari bahwa gak lama lagi, gue bakal ninggalin Semarang (insyaallah tahun 2014 ini lulus dari undip. aamiin)
Nah! karena ini gue sadar bahwa masih banyak tempat di sekitar Jawa Tengah ini yang belum gue kunjungi, sayaaang banget kan. Padahal waktu rantau ini paling pas kalo disambi dengan #exploreJateng yuhuu.

Suatu pagi yang sangat cerah, akhirnya gue memutuskan untuk berkelana ke Temanggung. kenapa Temanggung ya? gak tau sih sebenernya cuma lagi kepikiran aja pengen kesana hehehe. Kalo lagi pergi ke suatu kota di Jawa Tengah, hal pertama yang gue datengin adalaah Alun-alun! selain buat solat zuhur (karena pasti di sekitar alun2 itu ada mesjid), juga buat muterin lapangannya (jangan ngebayangin kalo ini sebuah olahraga sejenis lari muterin lapangan). Kenapa lapangan? karena biasanya banyak tukang jualan makanan dan kadang suka ada yang aneh2. Nah disini dtemukan yang namanya Bakso Uleg. Tapii pengen ngerasain bakso uleg yang sekaligus enak dan terkenal.. Jadilah gue ke Bakso Lombok Uleg Pak Di

 hemm awalnya mikir kalo ini sejenis bakso yang diancurin jadi kita kaya makan daging cincang berkuah. dan ternyataaa dugaan gue salah besaaarr! ternyataa maksud uleg disini adalah cabenya yang diuleg langsung di mangkok.. unik juga kan?

nih perawakan baksonya kaya gini..

Bakso Uleg Rp 10.000

Jadi ini sejenis bakso bening, tapi cabenya udah di uleg sebelum kuahnya dimasukkin. Jadi kalo kiita pesen tinggal bilang pedes/sedeng/gak pedes, nanti dibikinin deh. beda dari bakso yang lain, disini cuma terdiri dari bakso kecil kecil aja, ditambah tahu pong yang dipotong2, dan kalo mau bisa dimakan dengan ketupat juga lohh..
dari segi rasa sebenernya gak terlalu baru di lidah gue, ini sejenis bakso bening kalo di Bogor, cuma disini kuahnya cenderung lebih manis dan seger. tapi overall enak dan harganya muraah lohh hehe. Oh iya ini dia tampak luar tempatnyaa





Mari kita explore kuliner Jawa Tengah :9