RSS

Tuesday, April 1, 2014

Kuliner Tembalang Semarang #36 , Sajian Ayam Bali di Burjo Tembalang



Burjo alias warung bubur kacang ijo pasti udah gak asing lagi di kalangan mahasiswa terutama mahasiswa UNDIP. Kalo di universitas lain namanya burjo juga bukan ya ? 

Jadi burjo ini adalah sejenis warung kopi kalo di daerah jawa barat. Bedanya di burjo ini ada sajian bubur kacang ijo, ketan item, bubur ayam selain disediakan juga aneka mie instan, nasi sarden, nasi telor, nasi goreng, aneka gorengan dan minuman. 

Oh iya yang lebih uniknya lagi, rata-rata yang punya burjo di sekitar Tembalang itu orang sunda. Makannya sering dipanggil gini, “Nasi Telornya 1 ya, A!” A itu merupakan singakatan dari aa yang di bahasa jawa biasanya disebut Mas. Jadi jangan manggil pake “mas” atau “mba” yaa kalo lagi di burjo, panggilnya “a” sama “teh” ehehehe..

Nah dari sekian banyak burjo di Tembalang dengan berbagai menu yang ada dan keunikan masing-masing. Saya tertarik mengambil satu menu di Burjo yang bernama Burjo Motekar di daerah Baskoro yaitu nasi ayam bali..
Waktu awal saya pesen, yang ada dibayangan adalah nasi ayam bali ala ala sejenis nasi ayam rica-rica yang gak pedes (maklum susah banget nyari menu pedas di Tembalang). Eh ternyataa pas dating begini nih wujud nasi ayam balinya..


Nasi Ayam Bali + Telor Dadar Rp 12.000,- (kalo tanpa telur dadar harganya Rp 8.000,-)

Seneng bercampur kaget sebenernya ternyata ini beneran ayam bali, ayam dengan sambal bali yang khas, rasanya juga pedas (kalo kita mintanya pedas).. Sambal bali ini adalah cacahan kasar dari bawang merah dan cabe setan dicampur ayam suir.. rasanyaa mantaps!
Oh iya lokasi lebih jelasnya dia itu ada di sepanjang jalan baskoro yang menghadap ke daerah polines (masuk gang yang sebrang perumda). Luruus terus sampe agak mentok sambil liat ke kanan. Nanti ada deh ehehehe..
Anak Tembalang wajib coba deh pokonya, cocok buat sarapan, makan siang, atau makan malem.. enyaaakk :9

4 comments:

Unknown said...

it's good story. i hear it from TS Suites is HEEEL Bali : http://clodeboutique.blogspot.com/2014/05/Ts-suites-is-heeel.html

TS Suites is HEEEL is the best review about beautiful Bali from google.
read on http://clodeboutique.blogspot.com/2014/05/Ts-suites-is-heeel.html

Fakhruddin said...

itu 12.000 pasti nasi ayam bali+telur dadar+es teh. kalau nasi ayam bali+telur dadar paling 10.500

Bener ga? :)

Tomi Azami said...

Dimana sih. Masuk gang perumda atau sepanjang jalan depan Polines?
Pengin kesitu

Unknown said...

Masuk gang perumda, perempatan kan ada burjo, ayam balinya bikin nagih