RSS

Sunday, September 15, 2013

TL10 Goes to Bangkok & Pattaya!

If you can dream it, you can do it.
Ini adalah sepenggal cerita tentang mimpi TL10 (Teknik Lingkungan 2010-angkatan gue di kampus)
yang punya mimpi ke luar negeri bareng2 dengan personil lengkap. Dengan berbagai pendapat menentukan tempat tujuan, akhirnya terpilihlah negara tujuan : THAILAND untuk tujuan KKL (kuliah kerja lapangan)
Persiapan dilakukan kira2 10 bulan sebelum keberangkatan (september 2013). Kebayangkan tuh dari bulan apa persiapannya?
Segelintir orang bersuka rela menjadi panitia, terutama buat sang ketua Mahardhika. Perjuanganpuun dimulaiiiii!
Ditengah tugas besar kuliah menumpuk, persiapan kerja praktek, krisis dana dikala musim lebaran. \
Menghubungi pihak instansi di thailand yang sempat digantungin beberapa lama, nagihin uang ke teman2 angkatan, nyari dana dengan ngawul..

ngawul di stadion mencari secercah dana untuk KKL

Tapi dengan semangaat bareng2 yang pengen ngewujudin mimpi ini.. alhamdulillah tanggal 9-14 September 2013, kami TL10 melaksanakan KKL thailand tepatnya ke Bangkok dan Pattaya..
Ini adalah perjalanan kami.
Hari senin, 9 september 2013 kita kumpul dikampus untuk upacara pelepasan bersama pembantu dekan 3, Pak Abdullah
upacara pelepasan KKL TL10

abis itu kita langsung cuuus ke jakarta, tapi mari makan malam dulu di pringsewu tegal. Makanannya lumayan enaaak tapi miso soupnya keasinan deehh..
Makan malam di Pringsewu Tegal

jam 3 dini hari, kita sampai di Bandara Soekarno-Hatta, peraturannya ga boleh mandi. tapi tetep aja kedatangan kita yang rombongan ini menghebohkan seisi terminal 3 bandara, bayangin ajaa kamarmandi untuk cewe cowo masing2 paling cuma ada  5 kamar mandi.. agak menggangu pengunjung lain sih tapi gpp lah yaa yang penting seneng.
Kita naik 2 pesawat, 16 orang cowo di tiger air dan sisanya di air asia. walaupun cuma 16 orang, mereka cowo2 beruntung karena turunnya di bandara swarnabhumi yg notabenenya bandara terbesar di Thailand..
dan 1 lagi, pesawat air asia delay 1 jam -________- agak bete sih yaa tapi gpp sambil nunggu bisa sekedar ngecharge dan foto-foto..

suasana menunggu pesawat

setelah kurang lebih 3 jam perjalanan di pesawat, sampailah kita di bandara Don Mueang Bangkok :) alhamdulillah..

lalu setelah urusan imigrasi selesai, kita disambut sama cewe (ternyata dia cewe palsu) yang ngalungin bunga gituu...
cewe sebelah kanan ituu ternyataa........

Abis itu kita langsung makan di hotel apa ya namanya twin tower atau apa gatau deh, makanannya macem2 perasmanan kaya breakfast di hotel2 gitu, mulai dari ayam, sampe pork juga ada. kue2nya lengkaaapp.. sayang lupa difoto nih haha.
Hari pertama itu hari yang padat dan melelahkan, baru sampe kita langsung ke berbagai tempat wisata. tempat wisata pertama ituu:
Grand Palace &Emerald Buddha
jadi ini sejenis rumah raja2 gitu sama ada juga sekomplek candi yg terbuat dari emas. cool! disini juga ada tempat ibadah berdoa ke dewa-dewa gitu, dan kalo masuk kesini ga boleh pake pakaian yg terbuka kaya tank top, celana pendek, pokonya bajunya harus sopan

gak jauh dari situ, cukup jalan kaki ajaa. kita ke Wat Arun ngegunain kapal buat nyebrangnya lewat sunga chao phraya yang ada ikan2nya super banyaak populasinya tapi gak boleh dipancing

ikan super banyak di sungai chao phraya

di wat arun ini juga ada tempat belanja super murah buat oleh-oleh sampe kalap deh belanjanya gak kerasa udah habis sampe ratusan bahkan ribuan baht huuffttt..
 Abs itu kita makan malam dan pulang ke hotel untuk istirahat  di Dynasty hotel bangkok.

Hari kedua, full kunjungan ke chulalangkorn university, kampusnya enaak banyak pohon asri banget. Kita kujungan ke departemen teknik lingkungannya dan diajak touring ke lab lab yg mereka punya, labnya banyaaakk!
ini dia suasana kampusnya

dari situ, lanjut ke WWTP (Waste Water Treatment Plant) Din Daeng , jadi ini pengolahan air limbah domestik yang berguna buat mengurangi pencemaran di sungai chao phraya.

abis dari situ, kita langsung cuus ke Pattaya, yeah pattayaa................. yuhuuuww
singgah sejenak di Honey Bee, jadi disini pusatnya penghasil madu terbesar di Thailand, jadi disini banyak banget olahan dari lebah, madu, sampe sarang2nya deh. mulai dari royal jelly, cokelat, madu, ice cream, snack2 gituu banyaak pokonyaaa. tapi karena emang asli banget, jadi harganya emg agak mahal sih.

dari situ kita langsung makan malam.. kali ini gue foto makan malamnyaa
dari makan malam, langsung ke hotel, kali ini nginep di Golden Beach Hotel Pattaya, letaknya gak jauh dari pantai pattaya. jadi abis mandi dan ganti baju, langsung cuss ke pantai yang ramee benerrr sama para turis dan ada juga para "hantu" (lelaki yang berdandan layak wanita, tapi gak keliatan banget kl mereka lelaki). Kehidupan malam di Pattaya memang mengerikan sekalii......
Alhamdulillahnya di Pattaya ini nyobain conello green tea yg gak ada di Indonesia hahahaha *udik

night shoot at Pattaya Beach

oh iyaa! di pattaya ini juga ada acara angkatan, TUKER KADO! sambil nyanyiin yel2 TL10 , simpel sih tapi bahagia deh bisa kumpul 1 angkatan skaligus tukeran kesan pesan (yg baru dibaca pas sampe kosan)
kesan pesan dari TL10, thankyou Tens!

paginya, langsung ke Bangkok lagii sebelumnya ke Gems Gallery dulu liat berlian2 dan cara bikin berlian yg ciamik dan baguss bangeet tapi harganya yaa fantastis. Alhasil kesana cuma foto2 ajaa sama ngambilin postcard gitu hahaha..

foto-foto di Gems Gallery

perjalanan menuju bangkok terasa bentar, dan sampailah kita di UNESCAP (United Nation Economic and Social Commissions for Asia and The Pasific) jadi semcam badan PBB yang fokus bidang ekonomi dan sosial, dibagi menjadi beberapa bidang juga. Yang kemarin didiskusikan banyak tentang lingkungan, tentang energi terbarukan, keadaan lingkungan saat ini, peran unescap dan lain-lain. berada ditempat ini berasa jadi orang keren, kaya sidang PBB gituu ahahaha.

'

abis darisitu, lanjut ke tempat terakhir yang paling disukain yaituuuu MBK shopping mall, mall besar dan segala ada tapi sayang seribu sayang waktunyaa emang dikit bangeet. sebelum belanja, kita ke madame tussaud duluuu buat foto2 sama patung lilin, ada Ir. Soekarno lohhh...

Besok harinyaa hari Jumat, 13 September 2013 kita pulang lagi ke jakarta lanjut semarang. Maka berakhirlah KKL Teknik Lingkungan 2010, 5 hari kerasa sebentar banget kalo sama kalian, semua momen2 di bangkok pattaya gak bakal bisa dilupain, dan setiap momen sama kalian, adalah moment yang selalu diingat.
Makasih, makasih, makasih, berkali-kali cuma ini yang bisa gue ucapin buat kalian, beruntung punya keluarga kedua kaya kalian yang nemenin gue sebagai anak rantau yang bisa kaya gini sekarang.
Maaf atas smua kesalahan yang pernah dibuat, semoga kekeluargaan kita bakal terus terjaga,
Sampai ketemu di kesuksesan selanjutnya... 3 tahun lagi di Jepang ya Tens! :)

Khafidmaul said...

Aamiin....:) asiik asiik XD

Unknown said...

begitu terkesan..ada terharu juga...like this,love all of you..