RSS

Friday, December 24, 2010

Earth : Past, Now, and Future

Kemarin tepatnya hari Rabu tanggal 22 Desember 2010, kami teknik lingkungan 2010 mengadakan kegiatan mandiri yang bertema Earth : Past, Now, and Future yang terdiri dari lomba poster dan seminar.
Persiapan kegiatan mandiri ini emang relatif singkat cuma sekitar 3 mingguan. Dari persiapan km ini gw bener-bener ngedapetin banyak hal. Gw awalnya sempet pesimis dengan konsep acara dan persiapan yang singkat, ditambah nyari dana itu susah banget. Tapi, semua masalah itu ternyata bisa dipecahin bareng-bareng. Afid seorang ketua yang mukanya selalu terlihat cape dan stress aja masih bisa tersenyum dan nyemangatin panitia, top deh buat pak ketua.
Hal yang sempet gw sangat ragukan adalah konsep acara yang sepertinya terlalu monoton untuk sasaran acara yaitu anak SMA ditambah lagi saat hari H adalah hari liburnya anak-anak SMA. Tapi ngeliat keyakinan temen-temen yang bener-bener semangat, gw jd ikut semangat karena untuk merubah konsep acara butuh banyak waktu lagi sedangkan waktu kita itu sempit. Masalah dana juga yang paling berat dan gw kira hal ini sudah biasa terjadi di setiap acara. Sponsorship yang udah rela ujan-ujanan sampe malem buat ngasih proposal ke perusahaan-perusahaan, hasilnya nihil. Kita ga boleh nyalahin mereka karena usaha mereka udah semaksimal mungkin, emang susah ngedapetin sponsor dengan waktu yang singkat seperti ini karena butuh banyak pertimbangan dari perusahaan ingin menerima atau tidak. Intinya gw salut sama seksi sponsorship karena kontribusi mereka udah besar buat KM ini ngeliat dari usaha mereka.
Karena tidak mendapatkan sponsor, kita bener-bener fokus di dana usaha dan donatur. Ini yang seru ! ngamen bareng di simpang lima dan kita mendapatkan uang yang lumayan. Ga hanya itu, kita juga ngerasain ujan-ujanan bareng, nyanyi-nyanyi bareng, ditambah lagi kehadiran orang-orang yang jarang terlihat menjadi semangat kita. Dari door to door jualan juga kita ngerasa makin kompak dan bener-bener mati-matian buat dapet uang demi km ini. Akhirnya danapun tertutup horeee !
Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Kita bener2 ngerasain itu ! pas hari H acara berjalan dengan lancar walaupun awalnya ada kendala masalah anak-anak SMA yang tak kunjung datang, dosen yang sibuk, pameran poster yang tidak jadi. Tapi, Alhamdulillah usaha kita selama ini menghasilkan sesuatu yang memuaskan karena acara SUKSES ! semua target-target kita terpenuhi, dan saat hari H semuanya berkumpul kecuali 2 orang yang memang jelas alasannya dan tidak bisa dipaksakan. Bener-bener seneeeng banget deh buat gw pribadi, gimana perasaan ketua acara dan komting ya? Pasti mereka lebih seneng. Satu hal lagi yang bikin TL10 bersorak sorai, dedi tidak mundur sebagai komting karena kita hadir lengkap!
menurut gw dengan kesuksesan acara ini, kita bisa membuktikan bahwa kita bisa melalui berbagai masalah dan kendala bersama, setiap orang dari kita rela berkorban dan peduli terhadap acara ini. Dilihat dari sisi manapun, semua orang dari kita memang memiliki peran dan berkontribusi dalam km ini sehingga hasilnya pun tidak sia-sia.
Terima kasih sekali lagi keluargaku Teknik Lingkungan 2010 dan tetap semangat untuk acara-acara selanjutnya. Ayo kita ukir kembali kesuksesan di setiap jejak yang kita lalui bersama :D

0 comments: