RSS

Monday, October 1, 2012

I got it ! Beswan Djarum 28



Alhamdulillah akhirnya tangan ini kembali tergerak untuk menulis blog lagi. Rasanya udah banyak banget di otak ini yang pengen ditumpahin ke tulisan tapiii kemalasan kemaren2 memupus smua harapan fyuuh~
Bayangkan mimpimu secara nyata sambil berdoa dan InsyaAllah rencana Allah selalu indah J
Ini awal cerita gue tentang Beswan Djarum.

Suatu siang di ruang himpunan..
“eh mau dong download juga,”kata seorang teman
“Itu apa sih? Beswan ya? Mau juga dong, “kata beberapa teman
“Lo gimana put? Ikutan aja yuk. Aku copy-in ya formnya.”
“Okeoke.” Kata gue dalam ketidakfokusan (ini bnr ga sih kata2nya?)
Jadilah saat itu gue mengisi sebuah form beswan djarum. Sebuah beasiswa yang gue denger selintas2 aja, katanyaa sih beasiswanya keren. Banyak acaranya, kegiatannya bagus2. Karena di form ada tulisan “apa yang anda ketahui tentang beswan djarum?” jadi gue buka webnya, dan tertarik untuk melihat kegiatan2nyaa.
Lalu setelah semua berkas kekumpul, langsung kita kumpulin bareng2 di kantor djarum. Beberapa minguu kemudian, beberapa dari kita dapet sms kalo lolos tahap administrasi dan lanjut ke tahap psikotes. Kl dari TL sih ada sekitar 20 orang kira-kira.

Jeng jeng!! saat ini lah kegalauan tiba, karena sms pengumuman itu gue dapet setelah gue beli tiket untuk pulang ke Bogor (libur lebaran) jadi gue bingung deh. Ya akhirnya milih buat pulang dulu dan bertanya pendapat orang tua.
Di Bogor, ternyata orangtua sangat mendukung dengan keikutsertaan gue di seleksi beswan ini, daan gue disuruh balik ke Semarang lagi beberapa minggu kemudian pake kereta dari Bandung.

Seperti biasanya kereta dari Bandung berangkat jam 20.30 , juss juss juusss keretapun berangkat, untuk pertama kalinya ngerasain sahur di kereta di tengah kesendirian sediiihhh dan tambah galau lagi saat ngebayangin gue bakal dikosan ditengah kesepian pula karena anak kosan pasti udh pada balik. Sediihhhhhhh bgt rasanya malem itu, daan sedih pun berubah jadi kepanikan saat kereta terasaa lama bangeeettt.

Seleksi psikotes beswan dimulai pukul 7.00 pagi dan berarti gue dari kosan harus berangkat jam 6.00 . Sementaraaa, kereta Bandung-Semarang yang biasanya jam 4.30 udh sampe, ini jam 5.00 belum juga sampe dan batang idung (dikira org kali ye) Semarang belum terlihat. Panik seribu panik tp gbs berbuat apa2, perjalanan tawang-kosan paling ga 45 menit kan yaaa sementara kereta masih berjalan kenceng gada tanda2 berhenti. Tapi gue harus berbuat apa? Ga bisa apa2, ga mungkin lari ke depan ke masinis untuk super ngebut, ga mungkin juga untuk loncat keluar kereta. Akhirnya gue hanya bisa terdiam. Menunggu. Hening..
Sampailah di stasiun tawang jam 5.30 , dijemput paksi laluu kitaa ngebuuutt wussshhhhh... sampe kosan jam 6 lewat ternyata ada seorang teman kosan yang juga ikut beswan djarum, dia udah rapih, cantik, siap2 berangkat. Sementara guee baru sampe banget, badan masih remuk, kepala berat bgt rasanya. Hufftttt akhirnya gue memutuskan untuk mandi. Mandi bebek pastinya (sejenis mandi dalam wktu 2 menit gatau knp dblg mandi bebek). Oke lanjut guee berangkat ke UNIKA untuk seleksi psikotes.
Pertama dateng, shock! Rameeee bgt orang, pake almamater Undip yang jelas jumlahnya 200 lebih. Tiba-tiba ada sedikit penyesalan balik ke Semarang karena liat keadaan badan gue yg cape banget dan harus ngerjain psikotes, sementara 200 orang lain terlihat segar bahagia dan sudah pasti siap melahap habis tuntas semua soal psikotes, hopeless. Cuma 2 modal gue saat itu, doa dan keyakinan. (cielaahh gaya)
Sebelum psikotes dimulai, diperlihatkan semua video kegiatan beswan djarum, ngileeerr bgt bgt bgt. Pengen jadi kaya mereka, gue bayangin, dan seketika bayangan gue pupus melihat keadaan badan yang kacau waktu itu.
Soal psikotesnya familiar tapi ttp aja susah, apalagi bagian yg inti cerita gitu2 hadeeh lemaah bgt. Gue Cuma diisi dikit, liat yg lain ada yg penuuhh bgt. Hopeless lagi. Sampe psikotes selesai, gue ga berharap apa2. Pengumuman buat tahap FGD dan wawancara bakal ada hari itu jg sekitar 3 jam dr waktu slesai psikotes. Dan sempet mendengar percakapan
“Aduh aku bingung nih, nunggu dlu disini ga ya? Deg2an bgt nih,”kata anak 1
“Iya nih ga sabar nunggu pengumuman ya.”kata anak 2
Dan rata2 percakapan yang gue denger semuanya ngomongin itu. Sementara gueee, udh tekad banget ga bakal nunggu disitu balik kkosan dan tiduur nyenyak~

Jengg..jengg.....
Lagi enak2 tidur, temen gue tiba2 telepon.
“Put buruan kesini, lo lolos!”
Gue yg setengah sadar waktu itu, langsung mukul2 pipi gara2 kaya mimpi. Tapi sms bertubi2 ngucapin selamat yang menyadarkan gue! Aaaa seneng campur aduk. Langsung gue buru2 ganti baju dan berangkat, gue jadi anak paling telat.
Semua udah duduk rapi sementara gue lari2 ke depan untuk absen, antara malu dan cape bgt waktu ituu. Oke awal yang ga tralu baik tapi yasudahlah ini jadi pelajaran.
Focuss Group Discussion pun dimulai, waktu itu klmpk gue dpt ttg Mobil SMK. Disana kita presentasi dan debat satu sama lain. Sampai selesai kira2 pas magrib pas banget sm buka puasa. Satu yang jadi kesimpulan gue saat itu, belum jadi beswan djarum aja makanan udah melimpah banget dan enaak pastinyaa. Semua peserta FGD dikasih konsumsi buat buka dan bukan lagi nasi bungkus seperti yg biasa diterima ank kos, ini makanannya kotak-an dan enak2 (dan berlanjut smpe sekarang selama jadi beswan djarum).
Besoknya langsung seleksi wawancara di kantor djarum...
Jadwal wawancara gue kebagian jam 4 sore, dan gue gamau mengulan ketelatan kaya waktu fgd. Dan gue sampe di kantor djarum sekitar jam 4 kurang. Pas keluar lift....
“Kamu wawancara jam berapa?”
“Kl dijadwal sih jam 4.”
“wahh.. aku aja yang harusnya jam 2 belum masuk nih.”
Diam. Menunduk. Pengen tidur.
Yaudahlah gapapa itung2 ngabuburit paling jam 6an gue masuk wawancaranya. 1 jam. 2 jam. Buka puasa dengan makanan enak lagi alhamdulillah semua ada hikmahnya.
Setelah solat, gue mulai sedikit frustasi karena baru shift yg jam 3 yg masuk ruangan. Menunggu dan menunggu sampe akhirnya jam menunjukkan pukul 8 malam dan tinggal 3 orang tersisa. Diantara mereka, gue yg harusnya paling akhir masuk ruangan. Tapi alhamdulillahnya kita bertiga dipanggil barengan dan dengan pewawancara yg berbeda.

            Saat gitu gue udh ga ngerasa deg2an, ga mikirin wawancaranya lagi. Yg gue pikirin adalah biar cepet selesai, karena cape dan ngantuk bukan main. Jadilah gue jawab wawancara dengan seadanya. Lagi dan lagi hopeless sedih. Cuma bisa berdoa dan berharap.
Yang lolos bakal diumumin sebulan lagi tepatnya tanggal 31 Agustus. Gue yang udah hopeless ga terlalu banyak berharap karena takut kecewa. Selama nunggu (tepatnya gue ga nunggu2 bgt sih) gue melakukan aktifitas biasa, sekali2 gue berdoa berharap keterima karena emg dihati kecil gue pengen keterima dan bahagiain orangtua.
Dan ga terasa sebulanpun berlalu, gue yang entah udh lupa tanggal atau gimana ga nyadar kl hari itu pengumuman beswan. Saat malemnya gue lg online fb
“Put, gimana beswannya? Aku ga dapet nih?”kata seorang teman
“Hah beswan? Udah ada pengumuman ya? Lupa bgt”
“Iya itu di webnya, masukkin aja nomor tesmu.”

            Gue langsung mendadak deg2an. Gue harus minta liatin ke siapa? gue paling gabisa kl buka pengumuman apapun di web karena pemikiran gue saat itu kalo buka sendiri hasilnya suka mengecewakan. Kl dibukain orang, hasilnya biasanya memuaskan. Ini udh dibuktikan dari pengalaman banget dari wktu gue jaman2nya ikutan tes perguruan tinggi dan bahkan saat liat nilai2 semesteran di SIA.
            Tapi saat itu gue bertekad buat memupuskan pemikiran aneh gue itu. Jadilah gue buka sendiri dan hasilnyaaa.......




ALHAMDULILLAH.. !!
Gue langsung cengo ngeliat pengumuman itu, langsung nyubit2 pipi sendiri, langsung bingung.Lalu gue ambil wudhu dan solat isya. Ini nikmat yang bener2 ga gue sangka. "Jangan pernah takut bermimpi, saat semuanya terasa ga mungkin, bayangkan mimpimu sambil berdoa dan berharap mimpimu jadi nyata." Terima Kasih ya Allah, terima kasih Keluarga dan teman-teman atas doanya :)


Whatever people said about your achievement, don't too much thinking about it because they don't know how big your efforts  is and they don't know your plan behind it :) 

1 comments:

Tas Kamera Murah said...

Hahaha...keren...selamat ya....